Akademisi: kandidat tentukan partisipasi masyarakat dalam pemilu

para kandidat dan berkembang pemilihan umum mendatangkan partisipasi masyarakat dalam pesta demokrasi tersebut, kata dosen fakultas hukum universitas islam indonesia yogyakarta anang zubaidy.

oleh sebab itu partai politik (parpol) harus menampilkan calon `yang laku dijual` di hadapan penduduk, ujarnya dalam seminar mewujudkan pemilu yang demokratis di indonesia tahun 2014, selama yogyakarta, sabtu.

pada posisi tersebut, menurut dia, peran parpol amat bermanfaat mengingat pintu pencalonan merupakan anggota dpr ataupun presiden serta wakil presiden harus melalui parpol.

berkaitan melalui keuntungan itu parpol harus dapat menghadirkan sosok untuk wadah pendidikan politik yang baik kepada rakyat, bukan sekadar mesin mobilisasi massa, katanya.

Informasi Lainnya:

ia mengatakan, parpol serta harus memperkuat basis ideologinya, bukan semata bersifat pragmatis. ketika ini yang terjadi merupakan surplus angka parpol ternyata defisit dalam basis ideologi dan ditekuni.

jumlah parpol ada akan tetapi karakter Salah satu parpol melalui parpol yang lain tidak jauh berbeda serta hampir seragam, kata kepala divisi kerja sama serta publikasi pusat studi hukum konstitusi (pshk) universitas islam indonesia (uii) itu.

menurut dia, parpol dan harus bisa meyakinkan warga pemilih bahwa calonnya merupakan sosok dan berintegritas, jujur, dan siap memegang teguh amanah.

kenyataan bahwa banyak kader parpol terlibat selama persentasi korupsi serta pelanggaran hukum ingin ikut memberi kontribusi dalam meningkatnya angka golput sebab kepercayaan warga berkurang, ujarnya.

ia menyatakan, sistem pemilu dan memberi pengaruh kepada digunakan serta tidaknya hak pilih warga. sistem pemilu dan menutup ruang kreativitas masyarakat agar berpartisipasi berpenagruh selama dimanfaatkan ataupun tidaknya hak pilih.

contohnya, bila parpol tidak mampu menghadirkan kandidat pemimpin yang dapat memenuhi harapan penduduk, maka pintu bagi calon independen harus dibuka.

melalui calon independen diinginkan grup warga yang tak terakomodasi kepentingannya pada Satu parpol tertentu bisa terakomodasi oleh calon independen, katanya.