Australia dukung Indonesia tindak tegas penyelundupan manusia

duta besar australia untuk indonesia, greg moriarty menyampaikan setiap warga negara, baik indonesia atau australia yang mengerjakan penyelundupan manusia ke tiap-tiap negara, mesti ditindak secara tegas pas proses hukum di wilayah itu.

baik daripada indonesia ke australia maupun sebaliknya wajib memenuhi regulasi dan peraturan hukum dalam wilayah tersebut, ujar moriarty setelah jumpa pers penyelenggaraan pameran pertambangan ozmine 2013 selama jakarta, kamis.

moriarty menyambut menarik koordinasi yang terus diupayakan diantara pemerintah australia dengan instansi hukum di indonesia supaya menindaklanjuti kasus penyelundupan manusia.

kami menyambut kerja sama penindakan ini melalui indonesia, melalui polri, direktorat imigrasi, bapak joko suyanto (menkoplhukam, -red), ujarnya.

Informasi Lainnya:

australia juga indonesia, lanjut moriarty, kian kuat di menjalin kera sama pada penindakan penyelundupan manusia, setelah konferensi tingkat menteri ke-5 bali proses. bali proses dan berlangsung dalam 1 -- 2 april lalu, dalam antaranya mengemukakan gagasan daripada indonesia juga australia supaya pembentukan grup kerja perdagangan manusia.

bali proses serta bisa memfasilitasi kerja sama dan pertukaran info antara negara asal, negara transit, dan negara objek wisata untuk menangani masalah kejahatan internasional itu dengan menyeluruh.

koordinasi antarkedua negara semakin berguna, terlebih sesudah bali proses. kami memandang kejahatan ini adalah kejahatan serius, tukas moriarty.

menteri luar negeri indonesia, marty natalegawa pada ktt bali proses, mengatakan supaya menanggulangi perdagangan manusia terkandung tiga keuntungan penting yakni pencegahan, deteksi dini, dan perlindungan.

dari data perkiraan organisasi buruh internasional, lebih daripada 20 juta pihak diselundupkan dan diperdagangkan setiap tahunnya selama asia. kebanyakan dari mereka seringkali mendapat pelecehan seksual serta dipaksa berusaha di berbagai sektor semisal pertanian, konstruksi dan rumah tangga.