Donald E. Weatherbee: sengketa China Selatan uji peran Indonesia

sengketa selama laut china selatan yang menggandeng china serta sederat negara asean menguji sejauh mana peran indonesia agar membangun solidaritas kawasan serta mencegah terjadinya eskalasi konflik.

sebagai ketua asean pada 2011, indonesia terus memelihara visi hingga pembentukan komunitas asean (2015,red), tapi kita ingin ambil apakah dapat membawa kawasan dalam sikap strategis koheren, serta kesatuan solidaritas politik guna adalah aktor asean dalam menjaga keamanan kawasan, tutur peneliti politik dan hubungan internasional donald e. weatherbee.

donald e. weatherbee, profesor daripada university of south california, mengatakan keuntungan itu dalam pemaparan bertema kemajuan politik luar negeri indonesia dan diadakan lembaga persahabatan indonesia-as (usindo) pada jakarta, jumat.

hal ini menjadi tantangan agar indonesia dalam meneruskan kegemilangan politik luar negerinya. weatherbee, dan lebih daripada empat dekade sudah melakukan penelitian dalam semua universitas pada asia tenggara, menungkapkan sekarang usaha indonesia serta negara-negara asean agar menggunakan jalan diskusi melalui china merupakan permintaan yang sangat rumit,

Informasi Lainnya:

anda hapal rumit melihat fleksibilitas pergerakan maritim china dan seakan menyebutkan kiranya memang tak usah banyak peraturan, ujarnya.

tidak pernah banyak isu dan mendorong sengketa asean seperti ini, ucapnya menambahkan.

namun, dia memuji peran menteri luar negeri indonesia marty natalegawa dan cekatan berdiplomasi dalam pertemuan asean 2011 --saat diketuai kamboja-- karena berhasil memperoleh persetujuan supaya memulai pembicaraan laut china selatan. berdasarkan weatherbee, hasil pertemuan ketika tersebut menyelamatkan wajah asean tapi selama waktu bersamaan berhasil memelihara hubungan melalui china.

usaha terakhir marty, dapat menyelamatkan asean tapi juga tidak menyerang china, ujarnya.

dia menambahkan, indonesia dan usah mengingat terserah semangat persatuan yang ditularkan kepada asean selama 1979, ketika vietnam menginvasi kamboja terkait sengketa perbatasan selama thailand.

dia menyampaikan, dalam ketika itu asean dengan inisatif menteri luar negeri indonesia mochtar kusumaatmadja mengemukakan startegi garis depan dan memicu gerakan politik di bangkok dan santunan militer supaya menyelasaikan permasalahan tersebut.

namun, sekarang saat china menantang filipina dan vietnam, mereka semisal disisakan asean dengan politik, ujarnya.

sekarang ada 10 anggota asean, dan kebanyakan memliki perjanjian investasi dan hubungan bagus dengan china dibanding solidraitas asean, ujarnya.

indonesia dan asean kini tengah mendesak china supaya mendiskusikan permasalahan pada laut china selatan dan semua potensi ekonomi dalam wilayah itu. konfrensi tingkat tinggi asean di pekan ini di brunei darusalam menghasilkan kesepatakan agar merencanakan pertemuan menlu china serta asean tahun ini selama beijing, china.