India optimis sengketa dengan China bisa diselesaikan

perdana menteri india manmohan singh, sabtu, mengatakan ia yakin sengketa perbatasan menyangkut sebuah penampilan penyerbuan tentara china dapat diselesaikan, papar kantor berita press trust of india (pti).

itu merupakan Salah satu masalah daerah, kami yakin tersebut mampu diselesaikan, kata singh yang dikutip kantor berita itu sesudah tentara china dituduh memasuki daerah yang disengketakan di ladakh awal bulan ini.

india serta china memiliki Salah satu perbatasan yang disengketakan, dan hubungan mereka sering terganggu sejak perang perbatasan tahun 1962. penyerbuan yang dituduh itu adalah Satu ketegangan baru antara dua negara asia yang bertetangga tersebut.

pernyataan singh itu dikemukakan sesudah menteri pertahanan india shashi kant sharma menyampaian Salah satu laporan tentang insiden itu pada pengawas parlemen, jumat, di mana media lokal menyampaikan ia menuduh tentara china memasuki hampir 20 kilometer ke selama wilayah yang diklaim merupakan teritori india.

Informasi Lainnya:

pernyataan perdana menteri itu, pertama dan disampaikannya perihal sengketa tersebut, mengulangi pernyataan-pernyataan para menteri pemerintah lainnya dan mengabaikan penyerbuan pada pihak barat wilayah ladakh selama kashmir yang dikuasai india juga menegaskan masalah tersebut mampu diselesaikan secara damai.

kami telah memiliki Salah satu rencana, kami tak akan memperbesar situasi itu, tutur singh, tidak menjelaskan lebih jauh.

menurut para pejabat di new delhi, Salah satu peleton pasukan china membangun Satu kamp pada di daerah india tersebut pada 15 april.

menteri luar negeri india salman khurshid awal pekan ini mengumumkan ia mau bertolak ke china dalam 8 mei, serta mengatakan kedua negara mempunyai keperluan bersama tak mengizinkan sengketa itu merusak hubungan sudah mengalami kemajuan dalam masa berlalu.

perundingan-perundingan tingkat perwira militer yang lebih rendah sejauh ini gagal memenangkan macetnya dalam melaksanakan sengketa itu.