Peristiwa Yasukuni batalkan kunjungan menteri Korea Selatan ke Jepang

menteri luar negeri korea selatan, yun byung-se, telah membatalkan lawatan ke jepang sesudah perdana menteri jepang, shinzo abe, mengirim sesaji ke kuil yasukuni, kuil lambang militerisme jepang.

kantor berita korea selatan, yonhap, mengatakan, abe, seorang nasionalis dan blak-blakan, pada minggu 2012, mengirimkan sesaji agar upacara dalam pohon pinus kuil yasukuni. abe tak mengunjungi kuil tersebut namun dua pihak menteri serta wakil kepala kabinet mengunjungi yasukuni akhir pekan lalu.

kunjungan pejabat terpercaya jepang ke yasukuni terus membeli marah korban serangan jepang pada masa perang, termasuk china juga korea selatan.

kuil yasukini bagi jepang yang adalah web penghormatan kepada 14 petinggi dan sejumlah pihak yang gugur dalam perang, namun oleh negara tetangga mereka dianggap sebagai penjahat perang. jepang pernah menganeksasi semenanjung korea serta manchuria di china pasca perang dunia i.

Informasi Lainnya:

seorang pejabat korea selatan menungkapkan terhadap yonhap bahwa semula yun hendak membahas arah hubungan bilateral jepang-korea selatan di rencana lawatannya ke jepang.

namun dengan keadaan seperti ini, di posisi kami ingin besar supaya melakukan dialog yang produktif, dan yun memutuskan untuk tidak beranjak ke jepang kali ini, papar pejabat tersebut, yang menolak disebut namanya.