Indonesia diharapkan sampaikan pesan terang ke Korea Utara

duta besar korea selatan untuk indonesia, kim young-sun, menyatakan, indonesia dapat mengambil peran konstruktif meredam ketegangan pada semenanjung korea dan intensitasnya terus meningkat pilihan masa terakhir.

saya berharap indonesia bisa memainkan peran konstruktif untuk mempererat hubungan antar dua negara korea, mengingat indonesia mempunyai hubungan baik bersama korea utara dan korea selatan, tutur kim, di jakarta, jumat.

menurut kim, indonesia amat cocok memainkan peran konstruktif itu mengingat pengalaman dan lumayan kuat selama menengahi juga ikut membantu penyelesaian semua konflik dalam kawasan asia-pasifik.

indonesia adalah salah Salah satu negara pemimpin kawasan ini (asia tenggara), maka peran konstruktif adalah peran dan tidak salah, ujar dia.

Informasi Lainnya:

sebagai ilustrasi, indonesia pernah sukses memfasilitasi proses rekonsiliasi faksi-faksi bertikai pada kamboja dengan forum jakarta informal forum i dan ii. inisiatif indonesia pada masa orde baru itu masih merupakan acuan terhadap ada negara dalam dunia.

dari sisi historis, presiden soekarno berteman baik dengan pemimpin korea utara (ketika tersebut), kim il-sung. puterinya, megawati sekarnoputri, yang kemudian juga menjadi presiden indonesia, dan melewati waktu kebaikan hubungan baik kedua negara tersebut, bersama putera kim senior, kim jong-il.

bahkan, soekarno memberi hadiah sekaligus kenangan pertalian hubungan menarik kedua negara tersebut terhadap kim senior dengan bunga anggrek dendrobium silangan khusus, yang diberi nama dendrobium kim il-sungia. bunga untuk kakek pemimpin masa sekarang korea utara, kim jong-un, tersebut gampang dijumpai sampai sekarang.

duta besar kim mengajarkan, indonesia perlu mengirimkan pesan perdamaian yang terang pada korea utara supaya mengikuti koordinasi melalui komunitas dunia internasional. aku yakin penanaman kepercayaan antar kedua korea yang merupakan kunci menuju penghentian ketegangan mesti mendapat sokongan daripada dunia internasional.

kim menyebutkan pada tengah sorotan dan seluruh peringatan dari dunia internasional, korut tetap meluncurkan senjata hulu ledak jarak jauh di 12 desember kemarin dan melangsungkan percobaan nuklir pada 12 februari 2013.

korut juga belakangan berkali-kali berupaya memperbaiki ketegangan di semenanjung korea melalui serangkaian pernyataan provokatif, katanya.

menurut dia, serangkaian retorika berperang daripada pyongyang memiliki dua lokasi utama, yaitu supaya memperbaiki soliditas serta kepercayaan kekuatan di negeri, juga supaya mendesak dunia internasional melayani korut dibuat salah Salah satu negara nuklir.

pemerintah korsel selama dasarnya menginginkan ada perubahan hubungan diantara kedua negara korea daripada saling curiga serta penuh konfrontasi menjadi kedamaian berbasis kepercayaan.

meski demikian, dubes kim menegaskan pemerintahnya tak akan terserah diam jika bagian korut menggarap provokasi dan sudah dianggap berlebihan.

kami ingin siap merespon provokasi dan lebih lanjut dari utara serta tetap beriringan bersama dunia internasional untuk mengingatkan mereka (korut) untuk melupakan ambisi mereka menguasai senjata nuklir dan menjadi anggota yang bertanggung jawab dalam hubungan global, papar kim.