Putin ungkap program ruang angkasa 50 miliar dolar AS

presiden vladimir putin selama jumat menuturkan langkah baru rusia senilai 50 miliar dolar supaya mengekalkan supremasinya sebagai kekuatan antariksa, termasuk konstruksi pangkalan di antariksa (cosmodrome) bidang baru info manusia akan terbang ke angkasa pada akhir dekade.

lima puluh dua tahun ke hari sejak yuri gargarin adalah pahlawan uni soviet melalui mengerjakan penerbangan manusia pertama ke angkasa, putin meninjau fasilitas baru (vostochny cosmodrome) itu pada kawasan amur dalam timur jauh.

putin menyatakan dalam pembicaraan telekonfrens dengan para awak multinasional dari stasiun ruang angkasa internasuional (iss) kiranya rusia berharap memiliki peluncuran-peluncuran pertama dari vostochny di 2015 dan peluncuran pertama dengan awak pada 2018.

ini hendak jadi web launching hebat. makan waktu berlarut supaya memilih namun sekarang konsentari semuanya tengah berjalan, tutur putin selama komentar-komentar dan disiarkan televisi negara, seraya menambahkan kiranya vostochny mau beroperasi penuh dalam 2020.

Informasi Lainnya:

rusia baru membawa berbagai launching berawak dari cosmodrome baikonur di kazakhstan -- tempat sama yang digunakan gargarin saat melakukan penerbangan ke ruang angkasa dan bersejarah -- tapi ini dibayang-bayangi dengan perselisihan soal penyewaan dengan penguasa kazakhstan.

program ruang angkasa rusia terganggu pada beberapa tahun terakhir dengan kegagalan launching satelit tidak berawak akan tetapi putin berjanji moskow mau terus menyerahkan dukungan.

menurut dia, untuk kurun masa 2013-2020, rusia hendak menganggarkan dana senilai 1,6 trilun rubel (51,8 miliar dolar as) supaya sektor antariksa, sebuah pertumbuhan yang lebih besar daripada negara-negara yang memiliki skill dalam jenis teknologi luar angkasa lainnya.

putin mengeluh karena negerinya teringgal dari negara-negara lain dalam model luar angkasa disamping penerbangan berawak, dan dia katakan telah adalah prioritas website ruang angkasa rusia.

ada jurang sulit diantara kami serta negara-negara lain selama teknologi mutakhir situs ruang angkasa, kata putin.

salah Salah satu kegagalan yang paling memalukan rusia merupakan kehilangan pesawat ruang angkasa phobos-grunt ke mars dalam lalu dan jatuh berkeping-keping ke bumi padahal tujuannya merampungkan misi mengunjungi Satu bulan matian.

sementara tersebut kantor berita inggris reuters mencatat kiranya putin berharap fasilitas itu dan mau dimanfaatkan untuk mengekplorasi bulan serta ruang angkasa beserta isinya juga mau digunakan oleh amerika serikat juga eropa.

saya sangat berharap fasilitas ini akan dimanfaatkan serta tak hanya dengan kaum spesialis kami sementara dan oleh spesialis dari as, eropa juga negara-negara lain, kata putin.

rusia menginginkan fasilitas peluncuran tersebut dan terletak gampat ditempuh perbatasan china, merupakan saingan terhadap fasilitas dalam kazakhstan, demikian dikutip reuters juga afp.