Legislator nilai kerusuhan pilkada akibat biaya tinggi

anggota komisi ii dpr ri miryam s haryani berpendapat kerusuhan dan terjadi di palopo sulawesi sedang adalah salah Satu dampak daripada penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (pilkada) uang tinggi.

kerusuhan tersebut bisa jadi sebab ketidakpuasan dari calon kepala daerah yang sudah menganggarkan uang tinggi, tapi lalu kalah, tutur miryam s haryani selama gedung mpr/dpr/dpd ri, jakarta, selasa.

menurut dia, kerusuhan tersebut bisa serta dipicu dengan sikap komisi pemilihan umum daerah (kpud) setempat dan diragukan independensinya.

sikap kpud dan disangsikan independensinya, menurut dia, bisa persepsi umum kiranya kpud berpihak terhadap salah Salah satu pasangan calon kepala daerah.

parpol dan mesti mengerjakan pendidikan politik kepada warga namun realitasnya sering tidak dilaksanakan, katanya.

Lainnya: Obat Pelangsing Badan - Menurunkan Berat Badan - Melangsingkan Badan

menurut miryam, agar memimalisir aksi anarkis juga kerusuhan selama penyelenggaraan pilkada, usah diselenggarakan evaluasi.

politisi partai hanura ini memberi usul, supaya pilkada kabupaten serta kota proses pemilihannya dikembalikan ke dprd setempat.

hal ini dan merupakan wacana pada pembahasan ruu pilkada, katanya.

sementara itu, anggota komisi i dpr ri dibandingkan fraksi partai keadilan sejahtera (pks), hidayat nur wahid, menungkapkan tak setuju di wacana yang mau membayarkan lagi pilkada kabupaten serta kota ke dprd.

menurut dia, apabila terjadi gejolak selama pelaksanaan pilkada kabupaten juga kota, persoalannya bukan di pemilihnya penduduk serta dprd, namun lebih terhadap kesiapan proses penyelenggaraannya.