PVMBG: status Kawah Timbang masih siaga

pusat vulkanologi dan mitigasi bencana geologi (pvmbg) mengatakan kawah timbang dalam desa sumberejo, kabupaten banjarnegara, jawa sedang, baru berstatus siaga.

hingga ketika ini, masih `siaga` karena aktivitas kegempaannya baru tinggi, tutur kepala pvmbg surono ketika dihubungi antara dari banjarnegara, rabu.

berdasarkan pengamatan dan diselenggarakan tim tanggap darurat pvmbg dalam pos pengamatan gunung api (pga) dieng, tutur dia, di hari selasa (9/4) jam 18.00--00.00 wib, terjadi Salah satu kali gempa vulkanik selama.

selain tersebut, cuaca selama kurang lebih kawah timbang terlihat cerah, angin tenang, dan tampak asap putih tipis hingga tebal dihembuskan dengan tekanan lemah hingga ketinggian 50--100 meter.

bau belerang tidak tercium pada jarak 1.000 meter ke arah barat juga tercium lemah pada jarak 1.500 meter ke arah selatan dari kawah timbang.

Informasi Lainnya:

di luar radius 1.000 meter dari kawah timbang, tak terdeteksi adanya gas vulkanik di udara bebas yang berbahaya terhadap kehidupan, ujarnya.

namun pada pengamatan dan dilakukan selama rabu pukul 00.00--06.00 wib, terekam kehadiran dua kali gempa vulkanik dalam.

bau belerang tercium tajam di jarak 1.000 meter ke arah barat serta tercium lemah selama jarak 1.500 meter arah selatan daripada kawah timbang. kami tetap merekomendasikan supaya tidak banyak aktivitas warga pada jarak 1.000 meter dari kawah timbang, ujarnya.